Need help? Check out our Support site, then


Tips Belajar yang Menyenangkan

  1. Belajar seringkali dirasa berat oleh pelajar. Kenapa tidak dibuat menyenangkan? Mereka butuh tips belajar yang menyenangkan agar belajar bukan lagi beban tapi kebutuhan.

    Mata pelajaran yang harus dikuasai banyak, dan begitu pula materi masing-masing mata pelajaran. Materi yang diberikan pun seringkali lebih berat dari kemampuan. Semua guru memberikan tugas dan pekerjaan rumah.

    Tips Belajar

    Untuk menyiasati belajar agar tidak menjadi momok yang memberatkan, kamu yang pelajar perlu tahu tips belajar yang menyenangkan.

    1.Buatlah jadwal belajar dan bermain
    Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari untuk berlatih disiplin. Tuliskan mulai dari bangun pagi jam berapa, belajar pagi berapa lama, persiapan berangkat sekolah, berapa lama di sekolah, jam berapa mengerjakan tugas, belajar, dan seterusnya hingga tidur di malam hari.
    Tapi jangan lupa tuliskan juga jadwal untuk hobi dan bermain agar pikiranmu tetap segar. Tempelkan jadwal kegiatan sehari-hari ini di kamarmu. Jangan lupa hiasi dengan gambar-gambar atau stiker yang yang membuatmu tersenyum melihatnya. Bisa berupa kartun favorit kamu, hewan-hewan lucu, bunga, dan sebagainya

    2.Buatlah catatan yang lucu dengan cerdas
    Di sekolah tentunya kamu membuat catatan setiap kali guru menerangkan. Untuk catatan, hendaknya kamu mempunyai buku yang besar dan lebar. Bagi dua tiap halaman, masing-masing 2/3 di sebelah kiri dan 1/3 halaman di sebelah kanan.
    Bagian kiri untuk mencatat apa yang kamu lihat, yaitu yang guru tulis di papan tulis atau yang tampil pada slide proyektor. Sedangkan bagian kanan untuk mencatat apa yang kamu dengar. Catat semuanya bersebelahan.
    Misalnya saat menuliskan materi A, guru juga menerangkan penjabarannya. Tulis materi A di sebelah kiri, dan penjabarannya di sebelah kanan. Gunakan bahasamu sendiri, tapi usahakan mudah kamu mengerti jika kamu membacanya ulang nanti.

    3.Gunakan warna
    Warna mempunyai efek psikologis yang kuat. Gunakan selalu warna-warni yang kamu sukai untuk membuat jadwal harian dan menulis catatan.
    Gunakan juga sticky note warna-warni untuk pengingat penting di meja belajar kamu (misalnya besok bawa millimeter block) dan pembatas buku warna-warni untuk menandai batas bacaan kamu di buku. Tips belajar yang menyenangkan ini menuntut kreatifitas kamu, buatlah semenarik mungkin.

    4.Cari teman satu pikiran
    Sebagai pelajar yang cerdas, kamu juga perlu teman yang cerdas. Pilihlah teman yang sama-sama mau belajar dengan cara yang menyenangkan. Sehingga kamu bisa berbagi tips dan solusi masalah. Teman-teman satu pikiran akan saling menguatkan.

    The blog I need help with is devilzssandy.wordpress.com.

Topic Closed

This topic has been closed to new replies.

About this Topic

Tags